Kamis, 09 Juni 2016

Objek Wisata Suranadi Yang Eksotis



Pulau Lombok memiliki berbagai objek wisata Lombok yang sangat terkenal di kalangan wisatawan , Lombok memiliki objek wisata yang tidak kalah indahnya dengan Bali, karna Lombok masih memiliki objek wisata yang masih terjaga keindahan alamnya, salah satunya adalah objek wisata Suranadiyang harus Anda kunjungi.

Objek Wisata Suranadi

Adalah objek wisata Lombok yang masih terjaga kendahan alamnya, bertempat di bagian Lombok Barat sekitar 30 menit dari Kota Mataram. Jika Anda berkunjung ke objek wisata Suranadi Anda akan menemukan karakteristik pura Suranadi salah satunya 5 mata air yang dipercaya mampu menyembuhkan berbgai macam penyakit yang disebut dengan “ Ngentas Male “.

Pura suranadi juga menjadi tempat persembahyangan bagi umat beragama Hindu yang dipercaya untuk membersihkan diri dari hawa nafsu dan macam penyakit. Menurut sejarah mata air ini berkaitan dengan perjalanan Danghyang Dwijendra yang membuat mata air dngan menacapkan tongkat saktinya ke tanah yang kini di kenal dengan nama Panca Tirtha atau Panca Aksara (lima macam tirta), penduduk sekitar menganggap mata air tersebut sakral dan sebagai pelengkap dalam upacara keagamaan.

1.       Mata Air Toya Tabah
Yang digunakan sebagai Upacara Pitra Yadnya, yang bermakna sebagai bekal para roh agar tidak kehausan dalam perjalanan dan pengganti darah yang mengandung dosa menjadi bersih.

2.       Mata Air Pengentas
Yang dibrikan kepada jenazah sebelum dikubur,agar mebimbing roh ke jalan yang benar.

3.       Mata Air Pembersihan
Yang bermakna untuk membersihkan dan menyucikan jasmani manusia yang kotor dari perbuatan dosa.

4.       Mata Air Pelukatan
Bermakna untuk membersihkan diri sebelum melaksanakan kegiatan upacara.

5.       Mata Air Pengening
Yang digunakan saat puncak kegiatan upacara, sbagai prasadam dan diberikan kepada perserta upacara sebagai tirta wasuh paddya.

Tak hanya objek wisata, Suranadi juga memiliki kuliner khas Lombok yang harus Anda cicipi yaitu Sate Bulayak yang sangat lezat. Sate Bulayak adalah sajian kuliner khas Lombok yang harus Anda coba saat berlibur di objek wisata Suranadi, Sate Bulayak ini terbuat dari daging sapi yang dilumuri dengan bumbu khas Lombok, Bulayaknya itu sendiri adalah sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau daun enau dengan bentuk memanjang seperti spiral, hampir sama dengan ketupat, walau berbeda bentuk karena ketupat berbentuk persergi empat, Anda bisa menemukannya dekat kawasan objek wisata Suranadi yang eksotis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar