Jumat, 13 Mei 2016

5 objek wisata menarik di Lombok

Sebagai salah satu daerah eksotis yang berada di Indonesia, Lombok merupakan kawasan wisata yang sangat banyak mengundang atensi wisatawan baik dalam maupun luar negeri untuk mengunjungi. Sekarang ini, Lombok merupakan kawasan tujuan wisata yang sedang naik pamornya. Hampir menyaingi Pulau Bali yang memang sudah sangat tersohor sejak dari dulu. Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi sebagai tempat kunjungan wisata untuk mengisi liburan anda. Selain Senggigi atau Gunung Rinjani, di Lombok ternyata menyimpan berbagai tempat wisata yang layak untuk anda kunjungi karena potensinya yang menarik dan pemandangannya yang menakjubkan. Wisata alam yang disajikan sangatlah menakjubkan. Tidak heran bila banyak wisatawan baik asing maupun domestik yang terpesona akan keindahan alam di Lombok. Berikut ini, sebagai referensi anda dalam memilih tempat wisata ketika anda berkunjung ke Lombok, akan disajikan 5 objek wisata menarik di Lombok yang patut di kunjungi yang sayang untuk anda lewatkan.


1.       Pantai Senggigi


Bila anda berkunjung ke Lombok, salah satu dari 5 objek wisata menarik di lombok yang patut dikunjungi adalah Pantai Senggigi. Tepat sekali, karena di sinilah merupakan pusat dari pariwisata Lombok yang sangat eksotis. Berada di antara lembah dengan pemandangan yang menghadap langsung ke laut yang memberikan pemandangan unit  dan sangat indah. Di pantai ini sangat terkenal dengan pasirnya yang putih serta air laut yang jernih. Kawasan pariwisata ini memang menjadi favorit bagi para wisatawan. Banyaknya dan kemudahan fasilitas yang ditawarkan di kawasan ini bisa ditemui bila anda berkunjung kemari, diantara kemudahan dan aneka fasilitas tersebut adalah akomodasi, seperti kebutuhan penginapan yang anda butuhkan baik hotel kelas melati atau hotel berbintang. Bila anda akan menuju ke Pantai Senggigi, anda harus menuju ke arah barat yang jaraknya sekitar 8 km dari bandara Selaparang Mataram. Ada banyak moda transportasi untuk menuju ke kawasan wisata tersebut, seperti Cidomo yang merupakan moda transportasi tradisional Kota Mataram, yang diperuntukkan untuk menjangkau wilayah yang tidak bisa dijangkau dengan kendaaraan roda empat. Perjalanan menuju kawasan wisata tersebut memakan waktu kurang lebih 15 menit. Dalam perjalanan menuju ke sana, anda akan menempuh jalur yang berkelok-kelok serta hawa laut yang sangat menusuk. Kemudian anda juga akan melintasi sebuah pura yang letaknya menjorok ke laut, yaitu Pura Batu Bolong. Dan dari situ, anda sudah memasuki kawasan wisata Senggigi.

2.       Pura Batu Bolong


Satu lagi objek wisata menarik di Lombok adalah Pulau Batu Bolong. Letaknya di bebatuan yang berdekatan dengan Pantai Senggigi. Bila anda berlibur ke Lombok, tempat ini juga wajib anda kunjungi. Objek wisata ini menjanjikan pemandangan alam yang sangat mempesona. Ada banya tujuan wisata yang bisa anda jadikan alternatif bila berkunjung ke tempat ini. Pura Batu Bolong merupakan sebuah pura yang berdiri di atas batu hitam yang terletak di Pantai Senggigi. Pura tersebut memiliki lubang di tengah-tengahnya dan posisinya yang menjorok ke laut. Tempat ini mengingatkan pada kawasan wisata yang berada di Bali yaitu Tanah Lot, sama-sama merupakan sebuah pura yang letaknya menjorok ke laut. Pesona dari tempat ini adalah suara ombak yang menerjang batu kemudian mengalir melalui lubang dengan diselingi tiupan angin memberikan sebuah sensasi bagi siapapun yang berkunjung ke Pura Batu Bolong. Di sini akan suasanannya akan tercipta sebuah nuansa spiritual yang kental dan mampu memberikan keheningan dan ketenangan bagi para pemeluk Hindu untuk melaksanakan ibadahnya. Ada dua buah candi yang terdapat di pura ini. Candi pertama terletak saat anda menuruni tangga yang berada di bawah pohon yang sangat rindang dan candi yang kedua terletak di atas batu dengan tinggi sekitar 4 meter serta memiliki lubang di bawahnya. Bila anda ingin mencapainya, anda harus hati-hati supaya anda tidak terkena deburan ombak ketika menerjang karang. Untuk menuju kawasan wisata ini, anda bisa menggunakan angkutan umum atau taksi bila anda tidak menggunakan kendaraan pribadi. Jaraknya dengan Kota Mataram sekitar 12 km, sehingga aksesnya sangat mudah bagi para wisatawan.

3.       Batu Layar


Kawasan wisata ini merupakan nama desa yang berada di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Merupakan sebuah kawasan wisata religi, karena di tempat tersebut terdapat sebuah makam yang disebut sebagai Makam Batu Layar. Letaknya di perbatasan kawasan wisata Senggigi. Dari pusat kota jaraknya sekitar 9 km. Bagi masyarakat sekitar, keberadaan makam ini sangat dikeramatkan karena di dalamnya terdapat seorang tokoh masyarakat daerah itu, yaitu Sayid Duhri al Haddad yang memiliki peran penting saat melakukan penyebaran agama Islam di Lombok. Banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah di setiap tahunnya. Mereka yang mendatangi makam ini, tujuannya untuk membayar sebuah nazar yang pernah diucapkan. Adapun nazar-nazar yang diucapkan biasanya ketika pengunjung telah tercapai keinginannya untuk naik haji atau umroh. Namun, tidak hanya para peziarah saja yang datang, para wisatawan pun banyak yang berkunjung ke tempat ini, hanya sekedar melihat makam tersebut. Selain makam, di sekitar tempat tersebut juga terdapat pantai yang letaknya sangat dekat dengan Pantai Senggigi. Jadi, bila anda berkunjung kemari akan mendapat keuntungan ganda yaitu bisa menikmati sunset langsung di Pantai Senggigi. Pengunjung tempat ini tidak hanya yang berasal dari Lombok saja, banyak yang berasal dari luar Lombok pun juga mendatangi tempat ini untuk menikmati pantai Batu Layar, karena letaknya yang sangat dekat dengan makam batu layar.

4.       Pulau Gili


Banyaknya objek wisata di Lombok, mayoritas dari para wisatawan adalah tidak ingin melewatkan keindahan dari kawasan pantai di Lombok. Selain Pantai Senggigi, ada beberapa pulau eksotis yang terdapat di Lombok, yaitu gugusan pulau eksotis yang disebut dengan Pulau Gili. Ada tiga pulau yang terdapat di Pulau Gili, yaitu Pulau Gili Air, Pulau Gili Trawangan, dan Pulau Gili Meno. Ketiga pulau tersebut memiliki pesona dengan jernihnya air laut yang ditambahi dengan butiran pasir putih dan gugusan terumbu karang yang dilengkapi dengan berbagai ikan hias yang sangat mempesona bagi para wisatawan.

5.       Gili Trawangan


Salah satu gugusan pulau Gili, adalah Gili Trawangan. Merupakan pulau yang terbesar dari ketiga pulau eksotis di Pulau Gili. Luasnya sekitar 6 km persegi yang di dalamnya terdapat pendudukan dengan jumlah 800 jiwa. Gili Trawangan merupakan tempat tujuan wisata baru di Lombok. Di sepanjang pantai anda akan dimanjakan dengan luasnya hamparan pasir putih yang sangat mempesona. Selain itu juga mata anda akan semakin dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan. Bila anda berkunjung ke Gili Trawangan, kegiatan yang sangat populer bisa dilakukan adalah scuba diving bagi anda yang memiliki sertifikat PADI, snorkeling bisa anda lakukan di pantai sebelah timur, bermain kayak, surfing, selain aktivitas air anda juga bisa menikmati aktivitas lain seperti berkuda. Di malam hari, anda bisa menikmati suasana yang telah berubah menjadi sangat ramai dengan lantunan musik yang berasal dari kafe di sepanjang pantai. Bagi anda yang memiliki kendaraan bermotor tidak diijinkan untuk digunakan di kawasan pulau ini. Hal ini merupakan peraturan yang dikeluarkan oleh penduduk setempat dengan tujuan untuk membebaskan kawasan ini dari polusi dan memberikan kesegaran dan kenyamanan bagi para pengunjungny.

Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mengunjungi Lombok sebagai tempat tujuan wisata Anda? Demikianlah 5 objek wisata menarik di Lombok yang patut di kunjungi yang akan memberikan alternatif dari liburan anda. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar