Kamis, 05 Mei 2016

Tips Trekking Gunung Rinjani

Bagi anda yang berencana untuk berpetualang ke Gunung Rinjani, ada baiknya untuk terlebih dahulu memahami beragam gunung rinjani trek. Ini harus dipelajari terlebih dahulu sebelum anda mulai pergi kesana dan mendaki. Pendakian yang sukses adalah yang dipersiapkan dengan baik dan benar tanpa ada kekurangan sedikitpun. Jika pendakian tidak dipersiapkan dengna benar, maka akan ada banyak resiko yang bisa terjadi saat pendakian. Maka jika anda tidak mau hal ini terjadi, ada baiknya memang untuk anda mempertimbangkan beberapa poin penting dalam pemilihan trek yang benar-benar sesuai dengan kondisi dan juga kemampuan anda bersama tim untuk menjajalnya.

Pemilihan trek itu bisa mempengaruhi proses bagaimana anda bisa sampai di puncak gunung. Kenapa Puncak Gunung? Itu karena tugas dari dan tujuan dari seorang mendaki adalah melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dari bawah gunung ke puncak. Seorang pendaki dinilai berhasil ketika ia mampu mencapai puncak gunung. Jika tidak bisa mencapai puncak gunung, itu artinya anda telah gagal dan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Sebelum faktor itu memberikan efek yang nyata mengganggu perjalanan anda, maka ada baiknya jika anda kenali dan minimalisir sebelum anda memulai pendakian.

Lihat Kondisi Tim!



Sebelum pendakian dimulai, ada baiknya anda lihat kondisi tim yang akan bergabung. Nah, jika anda akan mendaki bersama teman-teman kelompok anda, lalu and abisa lihat bagaimana kondisi dari beberapa teman anda itu apakah memang memiliki kondisi yang baik. Lihat juga apakah memang ada resiko yang bisa saja terjadi misalnya karena ada salah seorang yang punya riwayat penyakit tertentu. Jika ada riwayat penyakit, maka ada baiknya diidentifikasi dengan baik sebelum pendakian dimulai. Jika ada beberapa yang punya riwayat penyakit, maka pastikan agar mempersiapkan peralatan dan obat yang harus disiapkan untuk selanjutnya dibawa sebagai bahan untuk berjaga-jaga.

Trek Mudah Atau Sulit?

Dalam trek menuju Gunung rinjani ada beberapa trek yang bisa diitempuh agar bisa sampai di puncak gunung. Dari beberapa pilihan trek yang ada, anda bisa memilih apakah akan memilih trek mudah atau yang sulit. Pemilihan tingkat kesulitas trek ini memang harus didasarkan pada beberapa hal. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah mengenai tim yang akan mendaki. Jika kebanyakan dari tim yang akan mendaki adalah pendaki pemula, maka disarankan untuk memilih trek yang mudah saja. Itu karena biasanya para pemula masih belum memiliki pengalaman dalam menghadapi beberapa rintangan sulit. Selain itu, jika ada banyak wanita, maka rintangan sulit sebaiknya dihindari saja karena memang kemampuan fisik dari wanita tidak begitu kuat.

Pelajari Rute dan Persiapkan Perbekalan

Hal yang penting selanjutnya yang harus anda  lakukan adalah mempelajari trek pendakian dengan baik. Jika anda tidak mempelajari trek, ya mungkin akan sangat besar kemungkinan untuk anda bersama tim tersesat dalam pendakian. Jika ini terjadi, maka permasalahan akan lumayan rumit dan mengganggu perjalanan anda. Disamping itu, anda juga perlu persiapkan perbekalan yang cukup untuk camping di puncak gunung. Meski begitu jangan terlalu banyak juga karena itu akan membuat anda kelelahan membawanya keatas.


Selama ini pendakian ke Rinjani memang bisa dilakukan dengan beberapa trek tersedia baik yang resmi ataupun yang alternatif. Jika anda ingin dengan baik sampai di puncak gunung, tak usah khawatir karena disana biasanya ada guide yang bisa anda sewa untuk membantu anda selama pendakian berlangsung melalui berbagai pilihan gunung rinjani trek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar