Jumat, 13 Mei 2016

Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Ke Lombok

Bingung mencari tempat wisata yang bisa anda jadikan tujuan wisata? Tentu anda tidak ingin menghabiskan liburan dengan mengungjungi tempat wisata yang itu-itu saja bukan? Indonesia sangat kaya akan potensi wisata yang wajib anda kunjungi. Dan kesemua tempat wisata tersebut banyak yang belum dikenal oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Salah satunya adalah Lombok. Kawasan ini memang sedang naik daun untuk pariwisatanya. Di Lombok sangat kaya akan wisata alam yang sangat menakjubkan. Sehingga bagi anda yang memiliki kegemaran fotografi, anda bisa memuaskan hobi anda dengan menyalurkan hobi anda tersebut. Nah, berikut ini alasan kenapa kamu harus wisata ke lombok, ketika liburan tiba. Ada lima alasan yang bisa anda ketahui akan pentingnya liburan ke Lombok.

1.       Murah meriah


Liburan ke wisata Lombok yang mengharuskan menyeberang pulau sangat identik dengan biaya yang mahal. Memang pendapat tersebut juga tidak salah dan juga tidak sepenuhnya benar. Bagi anda yang memiliki budget terbatas, anda bisa melakukan perjalanan murah seperti backpaper bila ingin ke Lombok. Hal yang harus anda siapkan adalah salah satunya peta serta cukup informasi untuk mendukung perjalanan anda. Nah, untuk memulai perjalanan tersebut, para backpaper yang ingin ke Lombok biasanya akan melalui Bali dengan menggunakan kereta api ekonomi. Ada dua jalur yang bisa anda lalui bila menggunakan kereta api, yaitu jalur utara dengan menggunakan KA Kertajaya yang berangkat dari stasiun Tanjung Priok menuju Pasar Turi, Surabaya. Dan untuk jalur selatan, anda bisa menumpang KA. Gaya Baru Malam dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Gubeng Surabaya. Perjalanan Jakarta-Surabaya ditempuh dalam waktu 16 jam. Dari stasiun Gubeng anda harus bermalam di Surabaya, karena kereta ini tiba di Gubeng dini hari sembari menunggu waktu KA. Mutiara Timur yang akan membawa anda ke Banyuwangi, dan dari Banyuwangi anda bisa naik bus untuk menuju Denpasar dengan tarif sekitar Rp 150.000. Bila anda dari Yogyakarta, anda bisa langsung naik kereta api yang menuju ke Banyuwangi yaitu dengan menggunakan kereta api Sri Tanjung. Dari Yogyakarta berangkat pukul 07.30 dan tiba di Banyuwangi pukul 23.30. Di stasiun Banyuwangi, anda bisa langsung jalan kaki ke Pelabuhan Ketapang untuk menumpang Feri dengan tarif Rp 6.000/orang. Sampai di Pelabuhan Gilimanuk, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menuju ke Terminal Ubung dengan menggunakan bus yang tarifnya sekitar 15 rb – 25 ribu. Selanjutnya anda harus kembali menyeberang dari Denpasar ke Mataram melalui pelabuhan Padang Bai yang waktu tempuhnya sekitar 5 jam. Tiba di Mataram, untuk menghemat, anda bisa menyewa motor untuk melanjutkan perjalanan berikutnya dengan tujuan menjelajahi objek wisata di Lombok. Agar tidak kesasar, anda membutuhkan peta untuk memandu perjalanan anda ke Lombok.

2.       Surga wisata belanja cinderamata


Saat anda berlibur ke Lombok, salah satu tujuan yang ingin anda capai adalah berbelanja sesuatu yang khas dari tempat yang anda kunjungi. Maka, tidak lengkap rasanya bila saat berlibur tanpa membawa oleh-oleh yang khas dari tempat yang anda kunjungi tersebut, seperti ketika anda berada di Lombok, NTB. Banyak sekali yang khas dari Lombok yang bisa menjadi sesuatu yang penuh kenangan saat anda berada di Lombok. Ada beberapa tempat yang bisa anda jadikan tempat tujuan berbelanja saat ada di Lombok. Salah satu tempat belanja yang bisa dijadikan rekomendasi saat anda berlibur ke Lombok adalah, Sukarara. Di sini anda akan disajikan berbagai ragam kain nusantara. Tempat ini terletak di Kecamatan Jonggot, Kabupaten Lombok Tengah. Kawasan ini adalah pusat dari kerajinan songket yang sangat terkenal di Lombok. Proses produksi dari kain songket ini masih menggunakan alat yang sangat tradisional. Meskipun demikian, hasil dari kerajinan ini sangatlah indah dan merupakan komoditi pariwisata di daerah ini. Di sini, anda akan melihat proses pembuatan kain songket tersebut secara langsung. Maka tidak heran, bila harga yang ditawarkan untuk kain songket tersebut hingga mencapai jutaan rupiah. Namun, ada juga yang harganya di bawah itu, yang berkisar antara Rp 100 ribu – Rp 5 juta. Untuk harganya tergantung dari tingkat kerumitan dalam pembuatannya. 

3.       Menikmati keindahan sunset dan sunrise


Bagi penggila fotografi, sensasi mengambil gambar saat sunset maupun sunrise adalah aktivitas wajib bagi para penggemar hobi fotografi. Ada banyak lokasi yang bisa dijadikan obyek fotografi untuk mengabadikan kejadian alam sunset dan sunrise ini. Bagi anda yang gemar fotografi, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika mengabadikan sunset dan sunrise, yaitu :

a.       Siapkan kamera dalam kondisi sebaik mungkin, karena kedua momen tersebut berlangsung sangat singkat. Jangan sampai karena kurangnya persiapan, anda akan ketinggalan kedua momen tersebut dan tidak mampu menghasilkan gambar yang menakjubkan.
b.      Anda bisa menggunakan berbagai gaya dalam teknik pengambilan gambar yang anda lakukan, bisa landscape, siluet, atau teknik lain yang anda kuasai.
c.       Anda bisa mencari angle yang belum pernah ada sebelumnya, karena objek yang ingin anda ambil gambarnya merupakan objek yang populer dan banyak digunakan oleh baik pengunjung maupun fotografer. Untuk itu, anda harus datang ke lokasi lebih awal agar anda bisa lebih mengeksplorasi dan menguasai medan dengan baik.
d.      Terakhir, dalam mengambil gambar, gunakan mode manual pada kamera anda. Alasannya agar lebih memudahkan anda untuk menyesuaikan fokus yang sesuai dengan keinginan anda.

Berkaitan dengan hal tersebut, di Lombok ada banyak lokasi yang bisa anda gunakan untuk mengabadikan momen sunset sunrise. Di sini setidaknya ada 14 tempat yang harus anda datangi dan menikmati sensasi momen sunset dan sunrise yang lain dibanding tempat lainnya. Keempatbelas tempat yang bisa anda datangi untuk mengabadikan momen sunset dan sunrise tersebut diantaranya, Gili Nanggu, Gunung Rinjani, Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Gili Air, Pura Batu Bolong, Selong Belanak, Pantai Sire Medana, Pantai Labuhan Haji, Tanjung Ringgit, Bukit Malimbu, pantai di sepanjang Teluk Ekas, Tanjung A’an, Pantai Mawun. Keempatbelas kawasan ini memberikan sensasi lain dari yang lain dalam menikmati momen sunset dan sunrise.

4.       Ragam upacara adat di dalamnya


Ini alasan kenapa kamu harus wisata ke Lombok, yang salah satunya di tempat ini sangat banyak dan beragam upacara-upacara adat yang bisa anda abadikan untuk kenangan saat anda berkunjung ke Lombok. Selain momen sunset dan sunrise, anda juga bisa berburu foto-foto eksotis ragam upacara adat di Lombok, NTB. Di Lombok sangat kaya akan budaya tradisional yang masih mengakar dan juga upacara reliji yang ditampilkan. Tentu hal ini sangat menjanjikan bagi anda yang gemar berburu foto-foto eksotis untuk anda abadikan.

5.       Wisata reliji yang populer


Kehadiran wisata religi saat ini sangat diminati oleh beberapa wisatawan. Mereka ketika berlibur tidak hanya mendapatkan kesenangan saja, namun, ada sesuatu yang bisa didapatkan dari mereka ketika berlibur dalam hal spritualitas. Salah satunya adalah dengan menambahkan pengalamannya berlibur dengan mengunjungi beberapa tempat ibadah yang bisa menumbuhkan semangat religius dalam hidupnya. Di Lombok, setidaknya ada enam pura yang dapat anda kunjungi sebagai tujuan wisata religi. Selain pura, ada juga makam-makam keramat yang juga dijadikan tempat tujuan wisata  serta masjid kuno yang sayang untuk dilewatkan ketika berlibur ke Lombok.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar