Minggu, 15 Mei 2016

Air Terjun Sendang Gile di Lombok

Air Terjun Sendang Gile merupakan obyek wisata di Lombok yang masih satu lokasi dengan Taman Nasional Gunung Rinjani .  Air terjun Sendang Gile ini berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya adalah gerbang bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Rinjani karena terletak di kaki Gunung Rinjani.
Kali ini aku akan share pengalaman selama mengunjungi Air Terjun Sendang Gile di Lombok ini  

Air terjun ini berasal dari mata air kaki Gunung Rinjani yang masih sangat bersih, alami, jernih dan tentunya menyegarkan. Air terjun setinggi 31 meter ini terletak di ketinggian kurang lebih 600 meter di atas permukaan air laut. Ada dua tingkatan di air terjun ini, dimana tingkat pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam di bawahnya. Air di kolam tersebut akan mengalir ke bawah dan membentuk tingkatan kedua yang jatuh dan membentuk sebuah sungai yang ada di bawahnya. Kebijakan air sungainya pun relatif datar, sehingga para wisatawan dapat menikmati kesegarannya dengan mandi di bawah air terjun tersebut.

Bagaimana akses jalur menuju Air Terjun Sendang Gile di Lombok?


Yang pasti kita harus ke Pulau Lombok dulu untuk ke air terjun ini hee hee atau baca artikel lain tentang Lombok dengan klik disini. Dari Kota Mataram, air terjun ini berjarak sekitar 60 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan mobil dengan jarak tempuh sekitar tiga jam perjalanan darat, jalur ini tidak dilalui kendaraan umum. Waktu itu aku memakai sepeda motor yang aku sewa di persewaan motor dekat hotel di daerah sekitar jalan raya senggigi. Ada dua pilihan rute yang dapat ditempuh. rute yang pertama melalui Pusuk dan rute kedua melalui Pantai Senggigi menuju Desa Senaru. Jika melalui pusuk kita akan melewati hutan pusuk yang banyak terdapat kera-kera yang berjejer di tepi jalan menunggu pemakai jalan memberikan makanan untuk kera-kera tersebut. Dan jika melalui senggigi kita akan disuguhi pemandangan pantai di samping jalan yang kita lalui .

Setelah tiba di lokasi, kita bisa masuk ke lokasi air terjun ini dengan membayar tiket Rp. 5.000, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni ratusan anak tangga yang sudah dipersiapkakan oleh pengelolah. Dari pintu masuk sampai ke lokasi air terjun ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit . Rasa lelah perjalanan jauh ke lokasi ini ditambah harus berjalan kaki untuk menuruni anak tangga akan terbayar setelah kita sampai ke lokasi air terjun ini, mata akan dimanjakan dengan air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 31 meter dan bersumber dari Gunung Rinjani.

Bebatuan besar banyak berserakan disekitar jatuhnya air terjun dan udara segar menyelimuti sekitar air terjun. Kita bisa menikmati air terjun ini dengan duduk di bebatuan sekitar lokasi. Tapi rasanya belum lengkap jika kita tidak merasakan dinginnya air terjun tersebut dengan bermain air atau mandi di lokasi tersebut. Karena rasa penasaran akhirnya aku nekat merasakan dinginnya air terjun tersebut dengan berdiri di bawah jatuhnya air. Woooowwww rasanya sangat sakit waktu air tersebut jatuh mengenai tubuh kita ditambah dinginnya air tersebut, tapi bener-bener puas bisa merasakan air yang bersumber dari mata air kaki Gunung Rinjani . Waktu itu juga banyak wisatawan atau pendaki yang baru turun dari Gunung Rinjani ikut membersihkan diri dengan mandi di air terjun tersebut.

Satu hal yang menarik dari air terjun Sendang Gile ini adalah adanya kepercayaan dari masyarakat sekitar bahwa ada kekuatan magis di air terjun ini. Ketika ada wisatawan yang membasuh muka atau mandi di air terjun ini maka akan membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usiannya. Namun , sekali lagi ini hanyalah kepercayaan masyarakat sekitar. Bisa percaya bisa juga tidak.

Di lokasi wisata ini juga ada penjual makanan dan minuman, namun hanya terbatas minuman air mineral dan makanannya pun berupa mie instant. Untuk makan dan minum yang lebih lengkap bisa kita nikmati disekitar area tempat parkir di dekat pintu masuk. berbeda dengan Gili Trawangan yang sudah penuh fasilitas.

Jadi buat kalian yang ingin merasakan dinginnya air dari mata air kaki Gunung Rinjani, silahkan kalian mengunjungi tempat ini jika berkunjung ke Lombok.

Jepretan kamera tidak pernah lupa untuk mengabadikan moment sewaktu berkunjung ke Air terjun Sendang Gile ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar